Atasi Rambut Bercabang Tanpa Harus Memotong Rambut

Banyak dari kita yang memotong ujung-ujung rambut untuk mengatasi rambut bercabang. Cara ini memang dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah rambut bercabang. Tapi tunggu dulu, memotong ujung rambut bukanlah merupakan solusi yang tepat, karena pendek atau panjang  rambutmu tidak memperkecil munculnya rambut bercabang, biasanya setelah memotong ujung rambut yang bercabang, rambut bercabang akan muncul lagi pada rambut yang baru. Hal ini bisa terjadi jika permasalahan rambut bercabang berasal dari rambut itu sendiri.

Dalam mengatasi rambut bercabang ada baiknya kita terlebih dahulu mencari tahu penyebab rambut bercabang. Sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan rambut bercabang, seperti kulit kepala yang kering, pewarnaan rambut, kurangnya nutrisi pada rambut, menyisir rambut terlalu kuat atau kasar, dan penggunaan hair dryer yang terlalu sering.

Rambut bercabang biasanya muncul seiring pertumbuhan rambut, biasanya hal ini terjadi karena minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak di bawah kulit kepala tidak sampai pada ujung rambut. Sehingga menyebabkan ujung rambut menjadi kering dan rapuh dibanding bagian tengah atau akar rambut.

Kutikula rambut seharusnya berfungsi memberikan perlindungan terhadap setiap helai rambut agar rambut tetap sehat dan bersinar. Namun sering kali kutikula rambut kita menjadi rusak, sehingga kutikula gagal dalam memberikan perlindungan terhadap rambut sehingga rambut akan menjadi kering dan rapuh dan menjadi bercabang.

Beberapa cara untuk mengatasi rambut bercabang tanpa harus memotong ujung rambut:
  • Sebelum keramas lebih baik kita menyisir rambut terlebih dahulu, agar rambut mudah diatur dan tidak kusut saat kita bersihkan. Selain itu juga mencegah rambut patah saat dikeramas.
  • Untuk menjaga kelembapan rambut, ada baiknya kita menggunakan produk pelembab rambut agar rambut selalu terjaga kelembapannya.
  • Lakukan keramas secara rutin setidaknya dua hari sekali dengan menggunakan shampo yang cocok dengan jenis rambutmu, dan gunakan conditioner sesudahnya untuk memastikan rambut tetap terlindung kelembapannya.
  • Gunakan bahan alami seperti minyak kelapa, minyak almond, dan ginseng saat pelakukan pemijatan pada kepala untuk menyehatkan akar rambut. Bahan-bahan alami tersebut dapat mencegah rambut bercabang dan memberikan nutrisi pada rambut.
  • Gunakan sisir dengan gerigi sikat yang besar dan berbahan yang lembut. Sisirlah rambut ke arah bawah sampai ke ujung rambut secara lembut.
  • Hindari pewarnaan rambut yang mengandung bahan kimia keras.
  • Saat berenang gunakan pelindung kepala untuk mencegah rambut terkena kaporit yang ada pada air kolam.
  • Saat beraktivitas di luar dan terkena sinar matahari langsung, lebih baik kita menggunakan topi, payung atau pelindung kepala untuk melindungi rambut dari paparn sinar matahari langsung.

Ditulis Oleh : Unknown.blogspot.com

virgin model Anda sedang membaca artikel berjudul Atasi Rambut Bercabang Tanpa Harus Memotong Rambut yang ditulis oleh Virgin Model yang berisi tentang : Dan anda diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Virgin Model

0 comments:

Post a Comment

Back to top